24 Maret 2009

Yogyakarta dan Wisata Medika



"Wisata Medika"... masih asing dengan kata tersebut?? Yah,,,itu adalah sebuah gagasan yang disampaikan oleh seorang pengamat ekonomi di sebuah koran nasional... Singkatnya, berawal dari sebuah kota kecil di Amerika Serikat yang memiliki tempat pelayanan kesehatan yang super keren...(dalam segala aspek),,kemudian menjadi tujuan berobat orang-orang di seluruh dunia. Bukan hanya dari segi dokternya yang berkualitas, tapi tenaga kesehatan lain oke punya, peralatan yang memadai, sampai pada setting tempatnya yang bener-bener "back to nature" yang membuatnya menarik.

Nah,,sang penulis artikel itu kemudian membandingkan kondisi di Amrik sono dengan yang ada di salah satu Rumah Sakit swasta di Yogyakarta... intinya,,setelah sempat merasakan menginap selama beberapa hari di RS tersebut, setelah merasakan servis yang diberikan RS tidak kalah dengan hotel (hotel berbintang sekalipun), juga setelah mengeluarkan kocek yang tidak besar alias tarif RS yang relatif lebih terjangkau-dibandingkan dengan di daerah lain-, sang penulis kemudian berpikir,,, "Yogyakarta ini punya potensi lho,,, untuk jadi tujuan wisata medika..."

*merenung*
boleh juga tuh...ide bapak pengamat ekonomi yang satu ini!! modal yang dibutuhkan udah tersedia (dokter yg ga kalah hebat, perawat yg ga kalah terampil, sarana-prasarana yg lumayan, lingkungan yg masih -cukup- asri, tarif yang relatif lebih terjangkau, akses yang mudah juga...) hmm..... apa lagi yang kurang??? mungkin tinggal komitmen untuk merealisasikannya... jadi Jogja bukan cuma terkenal sebagai kota budaya & kota pelajar saja,,
PR nih,,, buat bapak-bapak di pucuk pimpinan jogja... monggo segera digarap...ntar keburu komitmennya menguap...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar